14 May 2008

Book Review: Lion Boy

Kisah Lion Boy adalah sebuah trilogi yang terdiri dari 3 buku, buku pertama Lion Boy, yang kedua Lion Boy: The Chase, dan ditutup dengan Lion Boy: The Truth.
Pengarang: Zizou Corder (gabungan dari Lousia Young & Isabel Adomakoh Young)

Seorang anak bernama Charlie tinggal di London. Ibu dan ayahnya adalah profesor dengan sederet gelar yang memiliki keahlian masing-masing. Charlie memiliki bakat spesial! Ia bisa berbicara dnegan kucing! Spesies yang kucintai, mulai dari Felis Domestica sampai Phantera Tigris bahkan singa dari zaman es!

Petualangan Charlie dimulai saat ayah-ibunya diculik oleh perusahaan raksasa yang meraup untung besar dari pembuatan obat asma (mereka disebut Korporasi). Korporasi tidak ingin asma disembuhkan untuk selamanya.

Charlie melarikan diri dari Rafi, pemuda yang hendak menangkapnya atas perintah korporasi. Charlie naik ke kapal Circe milik Sirkus Thibaulde. Di sini ia dijasikan pembantu Pelatih Singa, Macommo.

Dengan segera Charlie berteman baik dengan para singa. Mereka berencana kabur dan memulangkan para singa ke tempat kelahirannya di Maroko. Rencana tersebut mereka jalankan di Paris. Setelah perjuangan berat melarikan diri dari Macommo ditambah halangan dari Rafi dan anjingnya, Charlie dan singa-singa menyusup ke Orrient Express. Teman mereka bertambah setelah mereka menemukan seekor singa purba bergigi pedang yang ingin menemukan tempat tinggalnya sendiri. Mereka tidak akan selamat dari dingin yang menggigit kalau saja tidak ada Raja Boris yang baik hati. Ia mengizinkan Charlie masuk ke gerbong pribadinya, mendengarkan ceritanya, dan kemudian tertarik untuk membantu Charlie.

Berkat informasi dari seekor kucing, Charlie ditemani pelayan Raja Boris menuju Venezia untuk menemui orangtuanya. Untuk sementara mereka akan menginap di Villa milik Raja Boris. Ternyata mereka salah tempat, atau, tepatnya kucing tadi salah dengar. Sementara raja Boris tidak ada di situ, terjadi petualangan seru melawan penguasa Venesia yang tamak. Berkat bantuan tukang Gondola dan Sergei, seekor kucing, akhirnya Charlie bertemu orang tua dan ditambah tantenya. Singa-singa pun bisa pulang ke rumah.

Lalu petualangan mereka? Masih berlanjut karena Korporasi masih berdiri...

Lionboy bersetting puluhan, atau mungkin ratusan tahun dari sekarang saat keadaan bumi sedemikian parahnya sehinggapolusi udara dan kelangkaan BBM menghapus keberadaaan mobil dari jalan raya (mobil hanya untuk orang-orang kaya dan keluarga 'kerajaan' ). Sepertinya, Inggris memegag hegemoni dunia sementara Afrika tetap sebagai Dunia Ketiga, tempat tinggal orang-orang yang sangat miskin.

Di dunia ini, hampir semua anak menderita asma karena polusi yang parah dan diperparah oleh 'allergen'. Apa itu Allergen? Mereka adalah kucing tertentu yang punya kecenderungan untuk mengkatalisir asma anak-anak. Konon allergen muncul tiba-tiba. Tampaknya Korporasi adalah penyebab mutasi genetik kucing-kucing Allergen. Karena kehadiran Allergen, kucing dijauhi oleh manusia dan kebanyakan menjadi kucing liar atau terbuang.

Lion Boy adalah cerita dengan imajinasi tinggi yang sayang kalau hanya dibaca oleh anak-anak ^.^ Seandainya novel ini difilmkan, pasti bagus sekali.

No comments:

Post a Comment