04 May 2008

Review Manga: Descendants of Darkness

Judul asli: Yami no Matsuei
Mangaka: Matsushita Yoko


Meifu, dunia setelah kematian.

Asato Tsuzuki (gambar di samping), 26 tahun, adalah seorang shinigami senior dengan pengalaman tugas selama 70 tahun di Divisi Shokan, Enma-cho. Walaupun selalu gagal mendapatkan bonus dan tidak pernah promosi jabatan karena malas, Asato adalah salah satu andalan divisinya untuk menyelesaikan kasus yang tidak bisa diselesaikan oleh divisi lain.

Asato sempat mengalami kesulitan dengan beberapa pergantian pasangan kerja. Namun akhirnya ia dipasangkan dengan Hisoka Kurosaki yang dingin dan cuek. Asato yang memiliki minat khusus dalam mencampuri masalah orang berusaha untuk mengetahui masa lalu Hisoka. Dari kasus pertama yang mereka tangani bersama, terungkap bahwa selama hidupnya Hisoka dijauhi orang karena kemampuan supranaturalnya yang tinggi. Selain itu, penyebab kematiannya bukan karena penyakit, namun ia dibunuh!

Sewaktu mereka bertemu kembali dengan dokter gila yang membunuh Hisoka, Asato berhasil menyelamatkannya dan membuat Hisoka mempercayainya. Namun tampaknya Hisoka masih butuh waktu untuk dekat dengan orang lain. Dan Asato sendiri yang selalu tampak ceria masih memiliki rahasia yang ia sembunyikan. Apakah kerja sama mereka berdua bisa berjalan baik?

Dibandingkan dengan judul dalam bahasa Inggris, Descendants of Darkness lebih dikenal dengan judul aslinya, yaitu Yami no Matsuei. Judul ini pastilah sudah akrab di telinga penggemar setia manga. Sedikit disayangkan mengapa Level memilih untuk memakai judul ini.

Artwork yang manis dan dua tokoh utama yang keren dan ’cantik’ adalah kekuatan utama manga ini. Ceritanya juga mengandung misteri dan action yang tidak kalah dengan shonen. Pendeknya, manga ini bisa dinikmati oleh pembaca pria dan wanita yang cukup dewasa untuk menemukan nilai moral dari setiap kasus... dan memahami hints 'Shounen-ai' yang muncul. Karena itulah di Indonesia manga ini diterbitkan oleh Level, yang memiliki sasaran pembaca usia dewasa.

---------------------
review ini pernah ditampilkan di thread next free forum elex media

No comments:

Post a Comment