05 August 2010

The Great Detective Kiyoshiro Yumemizu

Dari pengarang komik shojo, Kei Enue, dan novelis terkenal Kaoru Hayamine
The Great Detective Kiyoshiro Yumemizu
(Judul Asli: Meitantei Yumemizu Kiyoshirou Jiken Nooto)


  • Nama: Kiyoshiro Yumemizu
  • Umur: (Lupa)
  • Tanggal Lahir: (Lupa)
  • Pekerjaan: mantan dosen ilmu logika, detektif swasta (kalau kasusnya menarik)
  • Ciri-ciri: tinggi, kurus, memakai jas dan kacamata hitam
  • Keahlian: makan banyak, melupakan nama dan wajah, serta berbohong
  • Kegiatan: baca buku, makan (kalau ingat), dan tidur
(diambil dari catatan pengamatan oleh Ai Iwasaki)

Apa yang kalian lakukan kalau ada orang aneh yang tiba-tiba mengaku kalau dia detektif hebat? Pastinya sulit untuk percaya, apalagi kalau penampilannya kurang meyakinkan dan kemampuannya tidak terlihat dari tempat tinggalnya yang seperti kapal pecah. Itulah yang dipikirkan Ai Iwasaki ketika bertemu dengan Sang Detektif Hebat, Kiyoshiro Yumemizu.

Ternyata detektif linglung ini kenalan Komisaris Kepolisian Tokyo. Ia dapat memecahkan kasus-kasus rumit sampai-sampai Inspektur Polisi Joetsu yang skeptis pun bisa diyakinkan untuk mempercayai kemampuannya. Yang terpenting, ia menjadi orang pertama yang bisa membedakan kembar tiga identik Ai, Mai, dan Mii Iwasaki.

Satu lagi fakta yang membuktikan ia detektif hebat. Hanya dia yang dapat menebak motif di balik tindakan sang pelaku dan memberikan penyelesaian yang menguntungkan bagi semua pihak. Kasus-kasus yang muncul terlihat sederhana dan mudah dipecahkan, tetapi selalu ada motif di balik tindakan sang pelaku dan kejutan dari cara detektif memilih penyelesaiannya.

Mau bukti lagi? Baca The Great Detective Kiyoshiro Yumemizu! Setelah terbiasa dengan gaya gambar Enue-sensei yang agak ramai dan 'sangat shoujo', pembaca akan menemukan kalau komik ini bukan komik cewek maupun komik detektif kacangan. Tokoh-tokohnya mempunyai karakter yang menarik dan tidak dangkal. ada pesan tersembunyi di setiap ceritanya, dan yang paling menarik adalah misteri keberadaan sang detektif itu sendiri. Misteri apa yang disembunyikannya? Mungkin jawabannya ada di volume selanjutnya....

Mungkin...

4 comments:

  1. suka banget sama manga ini XD
    tapi vol 10 nya kapan keluar yaaa :(

    ReplyDelete
  2. Udah keluar belom volume 10??dapet info di jepang udah volume 10 on going.. :(

    ReplyDelete
  3. Sama-sama nggak tahunya ^^;
    Sepertinya no 10 emang belum keluar u__u

    ReplyDelete
  4. Iya bagus bgt nih komik. Waktu sd aku uda baa smpk vol. 8 krn vol. 9 blm ada akhirnya ga ngikutin lg deh semenjak itu. Skrg uda mau kuliah uda terbit smpk vol brp sih? Pengen baca._.

    ReplyDelete