22 April 2010

Review Manga : Dr. Koto, Tiba di Pulau!


Kensuke Goto tiba di Pulau Koshiki setelah melalui enam jam perjalanan yang menyiksa dengan kapal laut. Pria jangkung yang mudah mabuk laut dan tak punya daya tahan terhadap cuaca panas ini sama sekali tidak memiliki penampilan yang meyakinkan sebagai dokter. Berawal dari papan klinik kesehatan yang salah tulis, ia pun dipanggil sebagai dr. Koto.

Bagaimana cara dokter culun yang menyimpan keahlian mengagumkan ini untuk mengambil hati para orang tua yang keras kepala, anak-anak, serta Suster Hoshino yang bertugas sebagai asistennya (ya, mengambil hati bisa ditafsirkan dengan berbagai cara, kan)? Dan, di tengah keterbatasan fasilitas dan obat-obatan serta pandangan ragu penduduk pulau yang memiliki pengalaman buruk dengan dokter, bisakah dokter Koto melakukan tugasnya dengan baik?

Komik jebolan Shonen Star ini menceritakan berbagai pengalaman sang dokter dalam menyembuhkan para pasien yang memiliki bermacam-macam penyakit serta berinteraksi dengan penduduk. Dia juga membantu menyelesaikan beberapa permasalahan yang mampir ke pulau Koshiki yang indah.

Jika dibandingkan dengan manga bertema kedokteran lainnya, Dr. Koto berbeda karena selain menunjukkan teknis proses operasi serta penyembuhan penyakit, manga ini lebih menekankan pada hubungan antar-manusia serta hubungan manusia dengan lingkungannya, dalam hal ini yaitu Pulau Koshiki sebagai tempat tinggal yang indah serta tempat kelahiran (dan kematian) yang sangat berarti bagi sebagian besar penduduknya.

7 comments:

  1. another komik keren tentang dokter! ditambah doki2 moment dengan suster Hoshino wkwkkwk

    Ini dan say hello to black jack bikin pengen jadi dokter.. sayang sudah terlambat XD

    ReplyDelete
  2. Yup, this is a definite Friends of Telor Ceplok Find ^^ Love the insights per usual, especially how you point out the focus is on the personal rapport our good doctor will have to build with his reluctant patients.

    ReplyDelete
  3. Thanks Nik-chan ^_^
    Personally, I'm not happy with this review (How I changed my writing style into 'academic' style at the end >.<

    ReplyDelete
  4. @cyan: itulah gunanya baca komik,
    untuk menghidupkan angan yang tak kesampaian XDDD

    ReplyDelete
  5. Methinks I will link to this post again for my Elex 6 October manga release post. Is that ok? ^^

    ReplyDelete
  6. kalau zaman sekarang sih di carefour juga ada...

    ReplyDelete