01 April 2010

Review Manga: OLE! by Tatsuki Nohda

Bosan dengan drama persepakbolaan Indonesia yang kelewat ribut, terlalu banyak muatan politis, dan hampir kehilangan sportivitasnya? Bahkan Anda sempat memikirkan apa gunanya ada klub sepakbola kalau tidak membawa manfaat bagi masyarakat?
Mungkin komik yang satu ini dapat mengalihkan perhatian Anda semua dari situ....
(sori kalau ngiklan banget :p)
Jadi, inilah komik yang tampaknya perlu dibaca oleh para pengurus PSSI kita...

Ole!
Mangaka: Tatsuki Nohda
Penerbit: Level Comics

Kota Kazusa terhubung dengan Tokyo melalui Tokyo Aqua Line yang dibangun untuk memajukan kota. Sayangnya, jalur yang biayanya sangat mahal itu lebih banyak digunakan oleh penduduk Kazusa untuk pindah ke Tokyo sehingga Kazusa lama-kelamaan semakin ditinggalkan. Sebagai seorang pegawai negeri di bagian Layanan Masyarakat, Junji Nakajima berniat untuk mengubahnya, tetapi ia belum bisa berbuat banyak sampai sebuah kesempatan datang dari klub sepak bola kota, Kazusa Ole.

Nakajima ditugaskan sebagai penerjemah bagi pemain Jerman, Lene Wolfgang, dari kota Frankfurt, sister city Kazusa, yang ditransfer ke Ole untuk memperkuat klub. Klub itu memang klub yang lemah dan miskin, tetapi Nakajima berniat untuk menggunakannya sebagai magnet penarik perhatian untuk membangun kota dan agar penduduk Kazusa kembali. Ia percaya mereka dapat melakukannya setelah melihat semangat pendukung Kazusa Ole di stadion.

Yang harus dilakukannya adalah membantu meningkatkan pendapatan dan memperkuat tim. Bukan hal yang gampang sih, tetapi seluruh tim mendukungnya, walaupun terkadang ia berselisih paham dengan Shoko Yoshimi, pemimpin volunteer Ole. Ia juga harus menyesuaikan diri dan memahami keadaan tim yang memiliki anggaran sangat pas-pasan itu. Belum lagi masalah kala kontrak pemain muda mereka yang berbakat habis...

Available in stores - June 2010: 5 of 5 volumes (completed), Ole!

5 comments:

  1. LOL pantesan beli XDDDDD ada2 saja rav XD
    saya belum baca sih, agak2 turned off pertama-tama sama gambarnya, tapi kalau di-chan merekomendasi... ^^ akan saya SEWA! :D

    good review di-chan!! :D

    ReplyDelete
  2. yup, soal gambar memang bukan standar saya, tapi cerita dan spiritnya dapat :D

    Thanks n happy reading!

    ReplyDelete
  3. ok tonight's reading to fall asleep with XD

    ReplyDelete
  4. Dikit banget, ane kira nih komik sampe puluhan, apa pas lawan Sangaia Miyazaki kalah ya?

    ReplyDelete
  5. Yang sampai puluhan itu biasanya komik sports yang mengikuti perjalanan hidup dan karir atlit/timnya ^^
    Kalau komik ini berfokus pada manajemen, jadi nggak usah sampai puluhan, 'kan?

    ReplyDelete